PENGEMBANGAN COUPLE CARD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA KELAS III SEKOLAH DASAR
PENGEMBANGAN COUPLE CARD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA KELAS III SEKOLAH DASAR
Abstract
Couple card adalah media yang dikembangkan sebagai solusi untuk membantu peserta didik memahami materi energi dan perubahannya serta meningkatkan hasil belajar. Materi tersebut sulit dihadirkan secara konkret. Media couple card dipilih karena dapat memberikan gambaran yang konkret mengenai proses perubahan energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan pengembangan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan meliputi lima tahapan. Tahap pertama yakni analisis masalah, kedua perencanaan media, ketiga pengembangan, validasi materi, dan validasi media, keempat uji coba, kelima evaluasi. Berdasarkan tahapan tersebut diperoleh hasil presentase kelayakan materi sebesar 94% dengan kategori sangat valid, kelayakan media sebesar 96% dengan kategori sangat valid tanpa revisi. Hasil persentase kepraktisan dari angket respon peserta didik sebesar 95,8%, kemudian perolehan persentase dari angket respon guru sebesar 94% dengan kriteria sangat praktis. Keefektifan media berdasarkan perhitungan N-gain sebesar 0,8 yang menunjukkan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media couple card yang dikembangkan dapat digunakan untuk memudahkan peserta didik memahami materi dan meningkatkan hasil belajar.
Kata kunci: media, couple card,energi dan perubahannya