Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kuartet Ciri-ciri Khusus Hewan bagi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kuartet Ciri-ciri Khusus Hewan bagi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

  • Zahronia Firdaus Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Guru memiliki keterlibatan penting untuk menghidupkan suasana kelas yang aktif dan menarik. Hal ini dapat difasilitasi dengan adanya pengembangan sebuah media pembelajaran yang mampu membuat siswa terlibat aktif sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan optimal. Peneliti mengembangkan media pembelajaran kartu kuartet ciri-ciri khusus hewan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media melalui tiga aspek, yaitu validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Pengembangan media dilakukan dengan tahapan ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi dan ahli media, angket respon guru, angket respon siswa dan butir-butir tes. Kemudian data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini dilakukan pada 20 siswa kelas VI B SDN Jambangan I/413 Surabaya dalam uji coba terbatas dan 36 siswa kelas VI A SDN Jambangan I/413 Surabaya dalam uji coba skala besar. Berdasarkan penelitian tersebut diperoleh persentase hasil kevalidan media sebesar 90% dan kevalidan materi sebesar 96% dengan kategori valid tanpa revisi. Hasil persentase kepraktisan dari angket respon siswa sebesar 94,3% pada uji coba terbatas dan 91,3% pada uji coba skala besar. Kemudian perolehan persentase dari angket respon guru sebesar 98% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan keefektifan media diperoleh dari analisis N-Gain rerata pretest dan posttest uji skala besar memperoleh skor persentase sebesar 0,502 dengan kategori peningkatan sedang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat dinyatakan bahwa kartu kuartet ciri-ciri khusus hewan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi ciri-ciri khusus hewan.  

 Kata Kunci: kartu kuartet, ciri khusus hewan

Published
2023-06-23
Section
Articles
Abstract Views: 113
PDF Downloads: 75