Pengembangan Media Kotak Misteri Dalam Pembelajaran IPS Materi Jenis-Jenis Usaha Ekonomi Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • MARIA NOVI TRISARI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon dan kelayakan dari penggunaan produk pengembangan media kotak misteri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Pengumpulan data menggunakan instrumen yang terdiri atas lembar validasi dan angket respon. Perolehan hasil kevalidan media dengan persentase sebesar 87,5% dan perolehan hasil kevalidan materi persentase sebesar 85% dalam penggolongan sangat valid, serta hasil dari angket respon siswa dengan persentase sebesar 97,11% dalam penggolongan sangat layak. Berdasarkan data tersebut, maka pengembangan media kotak misteri pada pembelajaran IPS materi jenis-jenis usaha ekonomi untuk siswa kelas V sekolah dasar sangat valid dan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas.

Kata Kunci: Jenis Usaha Ekonomi, Kotak Misteri, Pembelajaran IPS, Pengembangan Media

Abstract

This study aims to determine the response and feasibility of using mystery box media product development. This study uses research and development (R&D) methods with the ADDIE model. Data collection uses instruments consisting of validation sheets and response questionnaires. Acquisition of media validity results with a percentage of 87.5% and acquisition of material validity results with a percentage of 85% in the very valid classification, as well as the results of the student response questionnaire with a percentage of 97.11% in the very proper classification. Based on these data, the development of mystery box media in social studies learning material on types of economic enterprises for fifth grade elementary school students is very valid and very appropriate for use in classroom learning.

Keywords: Types of Economic Business, Mystery Box, Social Studies Learning, Media Developmen

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-23

Issue

Section

Articles
Abstract views: 180 , PDF Downloads: 328