EKSPLORASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR PADA TRADISI SEDEKAH BUMI SURABAYA SEBAGAI WUJUD IMPLEMENTASI ETNOMATEMATIKA
Abstract
Abstrak
Pemadatan jam belajar dan pemberhentian sedekah bumi selama 2 tahun mengakibatkan lunturnya budaya dan ketergantungan Gadget. Kurikulum 2013 mengupayakan pembelajaran Etnomatematika di SD supaya Peserta Didik berkarakter Pancasila dan melestarikan budaya. Penelitian bertujuan (1) mendeskripsikan eksplorasi konsep Matematika pada tradisi sedekah bumi di Surabaya terhadap pembelajaran Matematika SD; (2) mendeskripsikan pandangan Pendidik terkait hasil eksplorasi sebagai alternatif sumber belajar Matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan pendekatan etnografi. Pengumpulan data melalui triangulasi. Subjek penelitian adalah sesepuh dan juru kunci Sumur Welut, serta Pendidik SDN Sumur Welut III Surabaya. Hasil penelitian adalah aktivitas upacara adat terfokus Punden, Sumur, dan Kenduren; dan aktivitas prosesi pengiring terfokus Kirab, Rebutan, dan Tayub terdapat konsep dan menjadi sumber belajar Matematika Kurikulum 2013.
Kata Kunci: Etnomatematika, Membilang, Mengukur, Menganalisa Bangunan, Tradisi Sedekah Bumi
Abstract
The density of study hours and cessation of the Earth Alms Tradition for two years resulted in the fading of the tradition. The 2013 curriculum seeks ethnomathematics learning in schools. Research to (1) describe the exploration of mathematical concepts in the Sedekah Bumi tradition in Surabaya towards learning basic mathematics; (2) describe the views of Educators regarding the results of exploration as an alternative source of learning Mathematics. Research used a qualitative descriptive method and an ethnographic approach with a triangulation technique to the Sumur Welut elders, and Educators at SDN Sumur Welut III Surabaya. The result is a traditional ceremony focused on Slametan, Kenduren; and accompaniment focused on Kirab, Rebutan, and Tayub having concepts and as basic Mathematics learning resources.
Keywords: Ethnomathematics, Counting, Measuring, Analyzing Buildings, Earth Alms Tradition