PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL SCRAPBOOK BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Rahayu Lestari Universitas Negeri Surabaya
  • Ganes Gunansyah

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan media ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan yang terdiri dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media digital scrapbook berbantuan articulate storyline materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu R&D dengan model ADDIE. Subjek uji coba merupakan 24 peserta didik kelas V SD Negeri Gondang. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi media dan materi, lembar angket pengguna, lembar pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Pada hasil validasi media diperoleh persentase sebesar 95% dan validasi materi sebesar 93,33% sehingga sangat valid. Angket respon pengguna diperoleh persentase 96,18% dari peserta didik dan 90% dari guru sehingga sangat praktis. Pada hasil pretest dan posttest diperoleh n-gain sebesar 0,713 atau 71,3% dengan hasil uji t 0,00  lebih kecil dari nilai tingkat signifikansi sebesar 0,05 sehingga sangat efektif.

Kata Kunci: pengembangan media, digital scrapbook, proklamasi kemerdekaan Indonesia

  

Abstract

This media development research aims to determine the feasibility consisting of the validity, practicality, and effectiveness of the digital media scrapbook assisted by the articulate storyline of the proclamation of Indonesian independence for grade V elementary school. The method used in this research is R&D with the ADDIE model. The test subjects were 24 fifth grade students of SD Negeri Gondang. The instruments in this study consisted of media and material validation sheets, user questionnaire sheets, pretest and posttest sheets. Data analysis techniques use quantitative and qualitative data. The results of media validation obtained a percentage of 95% and material validation of 93.33%, so it is very valid. The user response questionnaire obtained a percentage of 96.18% from students and 90% from teacher so it was very practical. The results of the pretest and posttest obtained an n-gain of 0.713 or 71,3% with a t-test result of 0.00 which is less than the significance level of 0.05 so it is very effective..

Keywords: media development, digital scrapbook, proclamation of Indonesian independence

 

Published
2023-06-23
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 45