PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAME INTERAKTIF JELAJAH NUSANTARA BERBANTUAN FLASHCARD UNTUK KELAS V SD

  • Nadia Sukma Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Didasari permasalahan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang interaktif, berdampak pada kurangnya pemahaman siswa di SDN Pakis I/368 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media board game Jelajah Nusantara berbantuan flashcard pada materi karakteristik geografis dan astronomis Indonesia kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Subjek penelitian yaitu 29 siswa kelas V SDN Pakis I/368 Surabaya. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kevalidan, analisis kepraktisan dan analisis keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan dari ahli media sebesar 88,57% dan ahli materi 93,33% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan dari angket respon siswa sebesar 94,02% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan berdasarkan hasil pretest-posttest dari segi ketuntasan belajar sebesar 75,86% kategori baik serta peningkatan belajar melalui N-Gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Dapat disimpulkan media board game Jelajah Nusantara berbantuan flashcard layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: board game interaktif, jelajah nusantara, flashcard, IPS.

  

Published
2023-06-23
Section
Articles
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 102