EKSPLORASI KAPAL NAVIGASI BIMASAKTI UTAMA SEBAGAI KONSEP MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

  • Ranum Lintang Nursaida Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Kapal Navigasi Bimasakti Utama dapat dikaitkan dengan pembelajaran matematika Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan menyelidiki dan memperjelas bagaimana konsep matematika yang berkaitan dengan materi pembelajaran matematika di kelas V SD yang berhubungan dengan hasil eksplorasi pada Kapal Navigasi Bimasakti Utama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnomatematika. Data penelitian diperoleh dari observasi, dokumentasi, studi literatur dan wawancara dengan narasumber kapal, Kepala Sekolah dan Pendidik kelas V SD Al-Muttaqien Surabaya. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa adanya konsep geometri bangun ruang pada badan kapal; pengukuran sudut pada haluan kapal; perbandingan dan skala peta pada peta alur pelayaran kapal; satuan jarak dan kecepatan pada Kapal Navigasi Bimasakti Utama serta hasil penelitian dapat dijadikan sebagai alternatif sumber belajar matematika kelas V SD.

Kata Kunci: Kapal Navigasi Bimasakti Utama, Eksplorasi, Matematika

 

  

Abstract

One of the marine transportation that has existed for a long time is Navigation Vessel. This study aims to investigate and clarify how mathematical concepts related to mathematics learning materials in class V SD are related to exploration results on the Bimasakti Utama Navigation Vessel. This research used a descriptive qualitative method with an ethnomathematics approach. The research data were obtained from observation, documentation, literature studies, and interviews with ship sources, school principals, and fifth-grade educators at SD Al-Muttaqien Surabaya. The result is a concept of geometry; angle measurement; map comparison and scale; units of distance and speed on the Bimasakti Utama Navigation Vessel as well as an alternative source of learning mathematics fifth-grade.

Keywords:  Bimasakti Utama Navigation Vessel, Exploration, Mathematics

Published
2023-06-23
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 55