Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kuartet QR Code dalam Pembelajaran IPS Materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Kelas V Sekolah Dasar

  • Vindi Mardian Ningsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan media kartu kuartet QR Code bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dari media kartu kuartet QR Code pada pembelajaran IPS materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan kelas V sekolah dasar. Metode yang digunakan yaitu R&D dengan model ADDIE yang meliputi tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Sasaran uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Dukuh Menanggal 1/424 Surabaya. Penelitian ini menghasilkan media yang layak digunakan dalam pembelajaran. Kelayakan dapat dilihat dari hasil validasi materi sebesar 100%, hasil validasi media sebesar 90%, hasil angket pengguna media sebesar 98,3%, dan hasil observasi yaitu 100%. Hasil tersebut menunjukkan kartu kuartet QR Code praktis dan valid ketika digunakan. Hasil keefektivan media dilihat dari pretest dan posttest dengan rumus uji T-Test diperoleh Sig. 0,00 < 0,05 menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel sehingga dapat diartikan terdapat peningkatan hasil belajar IPS peserta didik kelas V sebelum dan sesudah diberikan media kartu kuartet QR Code materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan.

Kata Kunci: Media kartu kuartet, QR Code, Pembelajaran IPS, Peristiwa kebangsaan masa penjajahan

  

Abstract

QR Code quartet card media development research aims to determine the level of feasibility of QR Code quartet card media on social studies learning material on national events during the colonization of grade V elementary school. The method used is R&D with the ADDIE model which includes the stages of analysis, design, development, implementation and evaluation. The target of this research trial was fifth grade students of SDN Dukuh Menanggal 1/424 Surabaya. This research produces media that is suitable for use in learning. The feasibility can be seen from the material validation results of 100%, the media validation results of 90%, the results of the media user questionnaire of 98.3%, and the observation results of 100%. This shows that the QR Code quartet card media is practice and valid to use. The results of media effectiveness seen from the pretest and posttest with the T-Test obtained Sig. 0.00 <0.05 indicates that there is a significant effect on the treatment given to each variable so that it can be interpreted that there is an increase in the social studies learning outcomes of grade V students before and after being given the QR Code quartet card media on the material of national events during the colonization.

Keywords: Quartet card media, QR Code, Social Studies, National events during the colonization.

Published
2023-06-23
Section
Articles
Abstract Views: 165
PDF Downloads: 135