Pengembangan Media Big Book Untuk Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Pengembangan Media Big Book Untuk Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

  • Nadya Roycha Jannah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Big Book untuk keterampilan menulis narasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan model ADDIE yang melalui lima tahapan yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik validasi dan angket. Validitas media Big Book diperoleh melalui hasil validasi ahli materi dan ahli media. Hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase sebesar 92% (sangat valid). Sedangkan hasil dari validasi ahli media mendapatkan persentase sebesar 84% (sangat valid). Kepraktisan media diperoleh dari angket respon guru dan siswa. Pada hasil angket respon guru menunjukkan persentase sebesar 92% (sangat praktis), sedangkan hasil angket respon siswa menunjukkan persentase sebesar 98% (sangat praktis). Hasil efektivitas media diperoleh dari respon siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan yang memperoleh persentase sebesar 84,3% sehingga media Big Book dinyatakan efektif. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa media Big Book untuk keterampilan menulis narasi siswa kelas IV sekolah dasar valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas.

 

Kata Kunci: pengembangan media, Big Book, narasi   

Published
2023-06-23
Section
Articles
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 66