Pengembangan Modul Pembelajaran Tangram Materi Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar

  • Wahyu Puspa Dita Universitas Negeri Surabaya
  • Delia Indrawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangakan modul pembelajaran tangram materi bangun datar siswa sekolah dasar.penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, proses pengembangan melibatkan lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Kedua, kelayakan modul tangram memiliki tiga jenis, modul tangram dinilai  valid berdasarkan tinjauan dari ahli materi sebesar 88% dan ahli media pembelajaran  sebear 91% dengan kategori sangat baik. Uji coba dilakukan pada kelas II dengan respon siswa sebesar 95%, dan respon guru sebesar 92%. Hal ini menunjjukan bahwa modul pembelajaran tangram sangat praktis. Hasil uji N-Gain sebesar 0,72, yang menunjjukan bahwa modul pembelajaran tangram dinilai sangat efektif. Dengan demikian, penelitian ini dapat menjadi rujuakan bagi para pendidik sekolah dasar untuk memberikan modul pembelajaran tangram pada materi bangun datar di sekolah.

Published
2023-06-23
Section
Articles
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 60