PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA BERBARCODE PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan dari media diorama berbarcode. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Kevalidan media memperoleh skor sebesar 95% dari ahli materi dan 84,61% dari ahli media dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media diorama berbarcode memperoleh skor 93% dari respon guru dan 92,30% dari respon siswa dengan kategori sangat praktis. Media diorama berbarcode efektif digunakan untuk pembelajaran IPS materi persebaran flora dan fauna di Indonesia kelas V sekolah dasar berdasarkan hasil uji paired sample t-Test sebesar 0,000 yang berarti terdapat peningkatan nilai pretest-posttest, sedangkan pada N-Gain memperoleh skor sebesar 0,78 dengan kategori sangat tinggi.