PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP CARD UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Pop-up Card yang valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran keterampilan menulis narasi di kelas IV sekolah dasar. Penelitian dilakukan di kelas IV SDN Lakarsantri I/472. Jenis penelitian yang digunakan adalah Resarch and Development dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Hasil penelitian menunjukkan kevalidan media berdasarkan validasi ahli media sebesar 98,75% (Sangat valid), ahli materi sebesar 90,9% (Sangat Valid), dan guru sebagai ahli pembelajaran sebesar 92,59% (Sangat Valid). Kepraktisan media berdasarkan angket siswa dan angket guru sebesar 93,33% dan 86,66%, (Sangat Praktis), serta keterlaksanaan pembelajaran sebesar 92,3% (Sangat Baik). Keefektifan media berdasarkan perhitungan N-gain menunjukkan peningkatan nilai siswa sebesar 0,48 (Sedang). Dapat disimpulkan bahwa Pop-up Card dapat digunakan sebagai media pembelajaran keterampilan menulis narasi karena telah valid, praktis, dan efektif.