Pengaruh Penggunaan Media Video Tutorial Youtube terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Pengaruh Penggunaan Media Video Tutorial Youtube terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

  • Wiji Nanik Dwi Fatmawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video tutorial Youtube terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas IV di SDN Grobogan II. Penelitian merupakan jenis  penelitian eksperimen. Subjek pada penelitian ini yakni 18 siswa kelas IV SDN Grobogan II yang menjadi subjek di kelas eksperimen serta siswa melas IV SDN Mojotengah 1 sebanyak 10 siswa menjadi subjek di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Tes tersebut dibedakan menjadi pretest serta posttest. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis statistik deskriptif, uji normalitas, homogenitas serta hipotesis. Hasil penelitian menjelaskan terdapat pengaruh penggunaan media video tutorial Youtube terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas IV sekolah dasar. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil uji hipotesis Paired Sample Test. yang menunjukkan pada kelas yang menggunakan media video tutorial Youtube memperoleh  nilai t-stat -18,265 dengan p-value untuk uji 2 arah adalah < 0,001 (lebih kecil dari 0,05) yang artinya Ha diterima. Selain itu tabel uji hipotesis menunjukkan mean pada kelas eksperimen sebanyak 36,111 sementara mean pada kelas kontrol sebesar 13,53. Artinya terdapat pengaruh yang lebih besar terhadap keterampilan menulis teks prosedur di kelas eksperimen dibanding dengan kelas kontrol yang tidak mempergunakan media video tutorial Youtube pada pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur.

Kata Kunci: video tutorial, youtube, teks prosedur.

Published
2023-06-27
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 69