Pengaruh Penggunaan Aplikasi Canva terhadap Keterampilan Menulis Surat Undangan Tidak Resmi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Pengaruh Penggunaan Aplikasi Canva terhadap Keterampilan Menulis Surat Undangan Tidak Resmi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi canva terhadap keterampilan menulis surat undangan tidak resmi pada siswa kelas V sekolah dasar. Jenis dari penelitian ini adalah jenis eksperimen dengan rancangan penelitian quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group test dimana subjek penelitian terbagi menjadi dua kelas yakni kelas kontrol dan eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa lembar soal uraian untuk membuat surat undangan tidak resmi. Hasil penelitian yang diperoleh melalui uji t-test sample independent diketahui bahwa nilai signifikansi 0,033 ? 0,05 dan nilai thitung sebesar -2,194 ? ttabel sebesar 2,007. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan aplikasi canva terhadap keterampilan menulis surat undangan tidak resmi pada siswa kelas V sekolah dasar.
Kata Kunci: Aplikasi canva, keterampilan menulis, surat undangan tidak resmi