PENGEMBANGAN MULTIMEDIA JELADA (JELAJAH PULAU INDONESIA) BERBASIS CAI PADA MATERI PENGARUH KARAKTERISTIK GEOGRAFIS INDONESIA KELAS V SD
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini siswa kelas VA SD Negeri Babatan I/456 Surabaya sebanyak 10 siswa saat uji coba kelompok kecil dan 24 siswa saat uji coba lapangan. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, post-test, dan angket respon pengguna. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan prosedur pengembangan media, mengetahui kelayakan media, serta respon siswa dan guru terkait penggunaan multimedia JELADA (Jelajah Pulau Indonesia) berbasis CAI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk mendapatkan persentase 95% dari kevalidan materi; 93,33% dari kevalidan materi; 97,50% dari angket respon guru; 95,25% dari angket respon siswa; dan skor rata-rata post-test 91. Didapatkan kesimpulan bahwa multimedia JELADA (Jelajah Pulau Indonesia) berbasis CAI sangat layak, mendapatkan respon positif dari guru dan siswa serta menghasilkan hasil belajar di atas KKM sekolah.