Ke-an, Me-, Pe-an, Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Memanfaatkan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Interaktif

  • Nuraini Eka Wahyuning Pratiwi University State Surabaya

Abstract

Penelitian yang dailaksanakan di MI Ma’arif Sambiroto, Taman, Sidoarjo ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru sekolah dasar dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi melalui Glideapps sebagai media pembelajaran interaktif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian yaitu guru MI Ma’arif Sambiroto. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 14 guru MI Ma’arif Sambiroto. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampel non-probability sampling yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik  observasi, wawancara semi-struktur, dan angket, sedangkan teknik analisis data dilakukan  menggunakan data deskriptif yang hasil datanya disajikan dalam bentuk persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru dapat memanfaatkan teknologi melalui Glideapps sebagai media pembelajaran interaktif dengan sangat baik hal ini didapatkan dari hasil observasi dan wawancara semi-struktur berupa deskripsi menunjukkan dari ketiga aspek yaitu aspek persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi menunjukkan hasil sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan hasil persentase yang menunjukkan kategori sangat baik dengan persentase 95,3 % , kategori baik dengan persentase sebesar 77%, kategori sangat baik dengan persentase sebesar 95,3%, sehingga skor diakumulasikan menjadi satu menghasilkan nilai persentase sebesar 89,4%. Berdasrkan nilai persentase tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru MI Ma’arif Sambiroto dalam memanfaatkan teknologi melalui Glideapps sebagai media pembelajaran interaktif termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini disebabkan karena guru MI Ma’arif Sambiroto sudah memahami dan terampil dalam membuat aplikasi pembelajaran sebagai media melalui Glideapps.

Published
2023-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 33