PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DI SEKOLAH DASAR

  • Fajar Prasetiyo Nugroho Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media flashcard terhadap efektivitas balajar operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di sekolah dasar. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Analisis Instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan analisis hasil yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukan nilai posttest dari hasil uji t dengan menggunakan software SPSS 25 yang berbeda pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari nilai menunjukan sig 0,000 < 0,05. Selain itu nilai thitung pada uji hipotesis tersebut adalah 4,004 sedangkan nilai ttabel pada df 39 dengan taraf signifikansi 5% adalah 1,685. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media flashcard berpengaruh terhadap efektivitas belajar peserta didik di sekolah dasar.

Published
2023-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 23