PENGEMBANGAN MEDIA TAKAR ANGKER PADA MATERI KESETARAAN UANG KELAS II SEKOLAH DASAR

  • Imronah Nur Lailiyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika dalam materi kesetaraan uang di kelas II sekolah dasar, dan untuk mengetahui kelayakan dari media TAKAR ANGKER, berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan kefektifan media. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II sekolah dasar UPT SD Negeri 87 Gresik. Hasil kevalidan media yaitu 96% dan kevalidan materi sebesar 80% dengan kriteria valid. Hasil kepraktisan media diambil dari angket guru dan peserta didik, sebesar 100% dan 97,5%. Sedangkan hasil keefektifan berupa hasil ketuntasan belajar peserta didik pada pretest dan posttest sebesar 65% dan 95%, sehingga terjadi peningkatan sebelum dan sesudah menggunakan media. Limitasi dari penelitian ini adalah hanya dapat digunakan untuk maksimal uang pecahan sebesar Rp. 10.000,00.

Kata Kunci: Media, Takar Angker, Kesetaraan Uang.

Published
2023-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 62