PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE DONGENG UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS DONGENG SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini mengembangkan media puzzle dongeng yang bertujuan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran puzzle dongeng untuk pembelajaran keterampilan menulis dongeng siswa kelas ll SD secara valid (2) Menghasilkan media pembelajaran puzzle dongeng untuk pembelajaran keterampilan menulis dongeng siswa kelas ll SD secara praktis (3) Menghasilkan media pembelajaran puzzle dongeng untuk pembelajaran keterampilan menulis dongeng siswa kelas ll SD secara efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Kendangsari 1/276. Berdasarkan penelitian tersebut hasil dari uji validasi media dengan peresentase 88,6% sangat valid, dan uji validasi materi presentase 87,3% sangat valid. Kepraktisan dari respon siswa menujukkan bahwa 93,1% media pembelajaran sangat praktis digunakan untuk pembelajaran, 100% dengan kriteria sangat praktis untuk respon guru dan observasi kerlaksanaan pembelajaran dan terjadi peningkatan hasil belajar pada tes N-Gain sebesar 1,76 dengan kriteria tinggi.. Dengan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan media pembelajaran puzzle dongeng layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, puzzle, keterampilan menulis, dongeng.