PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOUND UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOUND UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Agustin Abidatul Hilma universitas negeri surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media MOUND digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA di SD. Yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar terhadap media MOUND. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan RnD dengan menggunakan model ADDIE. Terdapat 5 tahapan yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Untuk mengetahui kevalidan, intrumen pengumpulan data menggunakan validitas yang diberikan kepada ahli materi dan media. Untuk mengetahui kepraktisan media diukur dengan menggunakan lembar angket respon guru dan siswa. Untuk keefektifan media diukur dari ketercapaian hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan perhitungan presentase dan N-Gain. Hasil validasi materi diperoleh 92% dan validasi media 90,66% dengan kriteria “Sangat Valid”. Kepraktisan media dari angket guru 85,83% dan angket siswa 93,66% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Keefektifan media diketahui dari hasil ketuntasan belajar 100% dengan kategori “Sangat Efektif”. Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar diperoleh N-Gain sebesar 0,70 dengan kategori “tinggi”. Hal ini menunjukkan media MOUND layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, MOUND, Hasil Belajar

Published
2023-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 29