PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMBUATAN FILTER WATER TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI MANFAAT AIR KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Ayu Nadya Ammylia Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pembuatan filter water, pengaruh model pembelajaran berbasis proyek pembuatan filter water dan respon peserta didik setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada materi manfaat air. Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan angket. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa nilai yaitu 7,784 > 2,010 dan nilai signifikansi (2-tailed) menunjukkan angka 0,000 yang berarti kurang dari α = 0,05. Dan didapatkan hasil 96% respon positif siswa setelah melaksanakan pembelajaran berbasis Proyek pembuatan Filter Water. Dari data tersebut, dapat diketahui bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada kelas eksperimen sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya dari data hasil uji t posttest pada kelas eksperimen adanya pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pembuatan filter water dari pada kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pembuatan filter water

Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, filter water, hasil belajar

Published
2023-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 36