Pengaruh Model Pembelejaran Project Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

  • Dyah Rahajeng Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap motivasi dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas IV SDN Jambangan I/413 Surabaya. Project Based Learning adalah metode pembelajaran yang mendorong siswa untuk mengembangkan pemahaman mereka secara mandiri melalui proyek-proyek yang relevan dengan kehidupan nyata. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran dengan menggunakan metode PjBL dan kelompok kontrol yang menerima pembelajaran konvensional. Pengukuran motivasi dan hasil belajar IPA dilakukan sebelum dan setelah intervensi menggunakan instrumen yang valid dan reliabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model pembelajaran PjBL memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa yaitu sebesar 0,612 < 0,7. Kelompok eksperimen yang menggunakan PjBL menunjukkan peningkatan motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: model PJBL, motivasi belajar, hasil belajar IPA

 

This study aims to investigate the effect of the Project Based Learning (PjBL) Learning Model on the motivation and Sciences learning results in fourth grade students at SDN Jambangan I/413 Surabaya. Project Based Learning is a learning method that encourages students to develop their understandingi ndependently through projects that are relevant to real life. This research is a quantitative research with a quasi-experimental design. Data collection techniques in this study used a pre-test and post-test. The research sample consisted of two groups, namely the experimental group that received learning using the PjBL method and the control group that received conventional learning. Measurement of motivation and Science learning results was carried out before and after the intervention using valid and reliablei nstruments. The results of this study indicate that the PjBL Learning Model has a significant influence ons tudent motivation and learning outcomes, namely 0.612 <0.7. The experimental group using PjBL showed a higher increase in learning motivation compared to the control group using conventional learning.

Keywords: PJBL model, learning motivation, Science learning results

Published
2023-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 307
PDF Downloads: 164