ANALISIS PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DALAM MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS VI
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran, respon siswa, kendala serta solusi dalam pembelajaran matematika kelas VI menggunakan model team assisted individualization dalam materi operasi hitung bilangan bulat. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara untuk guru, pedoman wawancara untuk siswa, lembar observasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran matematika materi operasi hitung bilangan bulat menggunakan model team assisted individualization sudah sesuai dan berjalan dengan baik. Meskipun masih terdapat kendala yaitu kurangnya waktu untuk kegiatan berkelompok dan siswa yang kurang termotivasi untuk mengerjakan tugas. Hal tersebut dapat diatasi dengan mengingatkan tentang tujuan awal pembelajaran dan memberikan motivasi kepada siswa yang terkendala dalam mengerjakan tugas.
Kata Kunci: Pembelajaran, Operasi Hitung Bilangan Bulat, Team Assisted Individualization
Abstract
The goal of this study was to determine how the team assisted individualization model for learning mathematics for class VI was employed in the learning process, student answers, constraints, and solutions for material arithmetic operations on integers. Research is conducted using descriptive qualitative methods. Observation, interviews, and documentation studies are used as data collection methods. While the tools utilized were observation sheets, documentation studies, student and teacher interview guides, and student interview guides. The study's findings show that employing the team-assisted individualization model to apply mathematical learning to integer arithmetic operations is suitable and effective. Although there are still challenges, such as a shortage of time for group activities and under motivated students to complete projects. This can be avoided by reminding students of the original learning objectives and inspiring those who are struggling to complete their assignments.
Keywords: Learning, Integer Operations, Team Assisted Individualization