PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI EDUZONE (EDUCATION ZONE) BERBASIS ANDROID PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Adhitya Wahyu Firmansyah Mahasiswa PGSD

Abstract

Abstrak

Teknologi berkembang sangat pesat pada saat ini mempengaruhi beberapa aspek kehidupan salah satunya dalam aspek pendidikan. Peneliti mencoba mengembangkan media pembelajaran aplikasi EduZone yang berbasis android dengan fitur permainan puzzle edukasi pada materi keberagaman budaya Indonesia. Peneliti menggunakan pengembangan model Borg and Gall dengan 7 tahapan, yaitu (1) Riset dan Pengumpulan Informasi; (2) Perencanaan; (3) Pengoptimalan dari bentuk awal; (4) Validasi Kelayakan; (5) Revisi Desain Produk; (6) Uji Coba Lapangan; dan (7) Revisi Produk. Adapun hasil yang didapatkan oleh peneliti yaitu validasi materi sebesar 89,33% dan 94,67% pada validasi media. Sedangkan hasil dari pretest dan posttest yang dilakukan oleh siswa mendapat perolehan persentase 88,25% dan mendapat peningkatan nilai N-Gain sebesar 0,76. Uji kepraktisan mendapat hasil sebesar 90,69%. Kesimpulannya media EduZone sangat layak digunakan dalam pembelajaran pada materi keberagaman budaya Indonesia.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, EduZone, Puzzle Edukasi

Abstract

Technology is developing very rapidly at this time, influencing several aspects of life, one of which is education. Researchers are trying to develop an android-based EduZone application learning media with educational puzzle game features in the context of Indonesian cultural diversity. Researchers used the development of the Borg and Gall model in seven stages: (1) Research and Information Gathering, (2) planning, (3) optimization of the initial form, (4) Eligibility Validation, (5) Product Design Revision, (6) field trials, and (7) Product Revision. The results obtained by the researchers are material validation of 89.33% and 94.67% for media validation. Meanwhile, the results of the pre-test and post-test conducted by the students obtained a percentage of 88.25% and an increase in the N-Gain value of 0.76. The practicality test yielded a result of 90.69%. In conclusion, EduZone media is very feasible for learning about Indonesian cultural diversity.

Keywords: Learning Media, EduZone, Educational Puzzle

Published
2023-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 23