Analisis Pembelajaran Keterampilan Sosial Melalui Metode Studi Kasus Pada Siswa Berkebutuhan Khusus Di SD Plus Darul Ulum Jombang

  • Difky Aldi Mahendra Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pembelajaran keterampilan sosial yang diterapkan guru dan mengenai perkembangan keterampilan sosial anak inklusi itu sendiri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi kasus dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak inklusi dalam beberapa perkembangan keterampilan sosialnya sudah bisa dilakukan secara mandiri dan masih ada beberapa keterampilan sosial yang masih membutuhkan peran dari guru pembimbingnya. Program dan kegiatan anak inklusi juga disesuaikan dengan anak reguler dan juga terdapat program dan kegiatan untuk guru pembimbing yang dilakukan dalam bentuk evaluasi dan sharing dan Individualized Education Program atau IEP merupakan sebutan untuk RPP khusus untuk anak inklusi dari hasil modifikasi.

 

The purpose of this study was to find out the form of learning social skills applied by teachers and regarding the development of social skills of inclusive children themselves. This study used qualitative case study research using data collection techniques in the form of interviews, observation, and documentation studies. The results of this study indicate that inclusive children in some of the development of their social skills can already be carried out independently and there are still some social skills that still require the role of their supervising teacher. Programs and activities for inclusive children are also adapted to regular children and there are also programs and activities for supervising teachers which are carried out in the form of evaluation and sharing and the Individualized Education Program or IEP is a designation for special lesson plans for inclusive children from modifications.

Published
2023-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 38