EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN KALEIDOCYCLES TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI METAMORFOSIS KELAS III SEKOLAH DASAR

  • Rif'ah Meilya Firanty Universitas Negeri Surabaya
  • Mintohari Mintohari

Abstract

Penggunaan media pembelajaran dalam menyampaikan materi sangat berperan penting terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran IPA materi metamorfosis. Siswa mendapatkan pengalaman yang berbeda saat mengikuti proses pembelajaran menggunakan media dan tidak terpaku pada guru yang menyajikan materi. Permainan edukatif melalui media origami kaleidocycles dapat merangkum proses metamorfosis pada hewan karena siswa tidak dapat melihat secara langsung proses perubahan bentuk hewan yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media kaleidocycles terhadap hasil belajar siswa kelas III SD dan respon siswa terhadap. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen. Data dikumpulkan dengan observasi, tes, dan angket. Data dianalisis dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan nilai yang sangat baik. Terdapat pengaruh penggunaan media kaleidocycles terhadap hasil belajar siswa dengan uji beda (t-test) mendapat nilai signifikasi 0,022 < a (0,05). Penggunaan media kaleidocycles dapat dikatakan cukup efektif dengan skor N-Gain 58,26%. Media ini membantu siswa dalam fokus mengikuti pembelajaran, meningkatkan daya ingat, serta menerima materi pembelajaran dengan baik. Respon siswa terhadap penggunaan media juga sangat baik, mereka terbantu dalam memahami materi metamorfosis, merasa tertarik dan senang ketika menggunakannya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media kaleidocycles memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar IPA materi metamorfosis kelas III SD.

Kata Kunci: media kaleidocycles, metamorfosis, sekolah dasar.

 

Abstract

The use of media in learning has an important role in increasing students' abilities in understanding metamorphosis in science. Students will get different experiences when participating in the learning process using media and not just listening to the teacher explain the material. Educational games through origami kaleidocycles media can summarize the process of metamorphosis because students can’t see directly the process of body change in an animal which takes quite a long time. The purpose of this research was to determine the effect of kaleidocycles media on the learning outcomes of third-grade elementary school students and students' responses. This research is a quasi-experimental research design. Data were collected by observation, tests, and questionnaires. Data were analyzed with SPSS. The results showed that the implementation of learning received very good scores, there was an effect of using kaleidocycles media on student learning outcomes with the t-test getting a significance value of 0.022 <a (0.05). %. Kaleidocycles media is quite effective with an N-Gain score of 58.26%. This media helps students focus on learning, enhance memory, and receive learning material well. Students' responses to the use of media were also very good, they were helped in understanding metamorphosis, and they were interested and happy when using it. Thus it can be concluded that the kaleidocycles media has a positive impact on the science learning outcomes of third-grade elementary school students in metamorphosis.

Keywords: kaleidocycles media, metamorphosis, elementary school.

Published
2023-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 13