PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS QUIZIZZ PADA PEMBELAJARAN BENDA DAN KEGUNAANNYA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SEKOLAH DASAR

  • Ranti Cahyaningtyas Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III A SDN Rungkut Menanggal 1/582. Media pembelajaran berbasis Quizizz dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, serta evaluation (Sugiyono, 2011). Dengan penilaian melalui skala Likert modifikasi 4 level. Kelayakan media pembelajaran berbasis Quizizz ini dilihat dari hasil validasi media dan efektifitas. Media pembelajaran berbasis Quizizz ini mendapatkan nilai validasi media sebesar 90% dan validasi materi sebesar 85,71% keduanya termasuk dalam kategori sangat layak sehingga dapat dikatakan bahwa media ini layak. Kemudian untuk hasil pengisian angket yang dibagikan saat melakukan uji coba terbatas adalah 95,8% sedangkan untuk uji coba luas mendapat persentase nilai sebesar 96%. Peneliti juga memberikan angket pada guru dan mendapatkan nilai dengan persentase sebesar 88% ketiga nilai tersebut termasuk dalam kategori sangat praktis sehingga media yang dikembangkan praktis untuk digunakan. Untuk hasil pretest dan posttest yang telah dikerjakan oleh siswa mendapatkan nilai sebesar 96,66% dengan kategori sangat efektif. Untuk mengetahui peningkatan hasil dari pengerjaan pretest dan posttest dihitung menggunakan rumus n-gain dan memperoleh hasil sebesar 0,69 maka dapat dikatakan bahwa peningkatan hasil belajar pada siswa termasuk dalam kategori sedang.

Published
2023-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 133