ANALISIS METAPHORICHAL THINKING YANG DIGUNAKAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD PADA OPERASI BILANGAN BULAT

ANALISIS METAPHORICHAL THINKING YANG DIGUNAKAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD PADA OPERASI BILANGAN BULAT

  • sofiyah dias rahmasari universitas negeri surabaya

Abstract

Tujuan penelitiain ini adalah untuk mendeskripsikan metaphorical thinking yang digunakan guru di pembelajaran matematika dalam materi operasi bilangan bulat dan menjelaskan bagaimana dampak dari metaphorichal thinking terhadap pemahaman siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data yang digunakan adalah guru dan siswa kelas 4. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi kelas, wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan macam-macam bahasa dan gesture tubuh atau yang disebut metaphorichal thinking yang digunakan guru selama pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa, hasil yang didapat yakni siswa lebih mudah memahami saat guru menggunakan pendekatan metaphorichal thinking dan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa rata-rata mereka sudah cukup memuaskan.

Kata Kunci: Metaphorichal Thinking, Guru SD, Matematika SD

Published
2023-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 30