PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD “KABARA” (KARTU BAHASA ARAB BERGAMBAR) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 16 SURABAYA

Pengembangan Media Flashcard Untuk Pelajaran Bahasa Arab

  • Nabilla Rizky Amalia Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas III   SD Muhammadiyah 16 Surabaya. Metode pembelajaran yang diterapkan guru selama ini sebatas penjelasan lisan. Untuk itu, dikembangkan flashcard KABARA (Kartu Bergambar Bahasa Arab) dengan tampilan dua sisi. Sisi pertama, adalah gambar benda dilengkapi dengan nama benda dalam Bahasa Arab dan  Indonesia. Sisi kedua, berisi kalimat pertanyaan tentang nama benda pada sisi pertama. Metode pengumpulan data menggunakan uji validasi materi dan media, angket pengguna, wawancara, dan tes. Hasil penelitian pengembangan dengan model ADDIE adalah  materi sangat valid (97%) dan media valid (75%). Media juga sangat praktis  ( 95,5%) dan sangat efektif  dalam  tingkat kesesuaian, intensif, dan waktu. Disimpulkan, media layak digunakan dalam pembelajaran kosakata Bahasa Arab tentang nama benda di kelas dan rumah.

Published
2023-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 83