Array
Pengembangan Media Flashcard Untuk Pelajaran Bahasa Arab
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas III SD Muhammadiyah 16 Surabaya. Metode pembelajaran yang diterapkan guru selama ini sebatas penjelasan lisan. Untuk itu, dikembangkan flashcard KABARA (Kartu Bergambar Bahasa Arab) dengan tampilan dua sisi. Sisi pertama, adalah gambar benda dilengkapi dengan nama benda dalam Bahasa Arab dan Indonesia. Sisi kedua, berisi kalimat pertanyaan tentang nama benda pada sisi pertama. Metode pengumpulan data menggunakan uji validasi materi dan media, angket pengguna, wawancara, dan tes. Hasil penelitian pengembangan dengan model ADDIE adalah materi sangat valid (97%) dan media valid (75%). Media juga sangat praktis ( 95,5%) dan sangat efektif dalam tingkat kesesuaian, intensif, dan waktu. Disimpulkan, media layak digunakan dalam pembelajaran kosakata Bahasa Arab tentang nama benda di kelas dan rumah.
Downloads

