Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengajarkan Numerasi Pada Persiapan AKM Di Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui kesulitan yang dialami ketika mengajarkan numerasi pada persiapan AKM di kelas V Sekolah Dasar 2) mengetahui solusi yang harus dilakukan guru dalam menangani kesulitan mengajarkan numerasi pada persiapan AKM di kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, sumber data penelitian ini diperoleh dari data primer melalui observasi pembelajaran dan data sekunder melalui wawancara guru kelas V serta peserta didik lalu dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian tersebut. Penelitian ini dilakukan di SDN Lidah Kulon 1/464 Surabaya. Hasil penelitian ini adalah terdapat adanya kesulitan dalam mengajar numerasi di kelas V seperti minat membaca peserta didik yang masih kurang, kesulitan menjelaskan soal HOTS numerasi karena minat belajar numerasi masih rendah dan kemampuan pemahaman peserta didik yang berbeda dan jam pembelajaran numerasi di sekolah tidak ada pada jadwal. Pada hasil observasi dan wawancara terkait kesulitan tersebut, peneliti juga menemukan solusi yang bisa dilakukan oleh guru seperti menumbuhkan minat membaca peserta didik dengan memanfaatkan sarana yang ada, berlatih soal-soal HOTS AKM, pengelompokkan belajar peserta didik dan pemberian media pembelajaran.
Kata Kunci: numerasi, AKM, kesulitan
Abstract
The purpose of this research are to 1) find out the difficulties experienced when teaching numeracy in AKM preparation in grade V elementary school 2) find out the solutions that teachers should do in dealing with difficulties in teaching numeracy in AKM preparation in grade V elementary school. This type of research is descriptive qualitative, the source of data for this research is obtained from primary data through observation of learning and secondary data through interviews with grade V teachers and students and documentation related to the research. This research was conducted at SDN Lidah Kulon 1/464 Surabaya. The results of this study are that there are difficulties in teaching numeracy in class V such as students' lack of interest in reading, difficulty explaining numeracy HOTS questions because interest in learning numeracy is still low and students' understanding abilities are different and numeracy learning hours at school are not on the schedule. In the results of observations and interviews related to these difficulties, researchers also found solutions that can be done by teachers such as fostering students' interest in reading by utilizing existing facilities, practicing AKM HOTS questions, grouping students and providing learning media.
Keywords: numeracy, AKM, difficulties