Pengembangan Media Buku Latihan Soal Teka Teki Silang (TTS) Matematika untuk Kelas IV SD

  • Nuril Hidayati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penerapan Kurikulum Merdeka sebagai penyempurnaan kurikulum sebelumnya mengakibatkan perlunya penyesuaian salah satunya ialah penambahan dan pengembangan media pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan menerapkan model ADDIE dan menghasilkan produk berupa buku latihan soal teka teki silang matematika untuk kelas IV SD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kelayakan media yang dikembangkan. Sebelum uji coba lapangan, produk divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan praktisi matematika dengan hasil berturut-turut adalah 90% dengan kriteria sangat valid, 84% dengan kriteria sangat valid, dan 83,07% dengan kriteria sangat valid yang menunjukkan bahwa media tersebut sangat valid dan dapat diuji cobakan kepada peserta didik. Hasil uji coba kepada peserta didik dinilai menggunakan lembar kuesioner yang menunjukkan persentase 83,38% dengan kriteria sangat layak dan tidak perlu direvisi. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa produk media yang dikembangkan layak dan dapat diaplikasikan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: media pembelajaran, teka teki silang, matematika.

  

Abstract

The implementation of the Merdeka Curriculum as an improvement to the previous curriculum resulted in the need for adjustments, one of which was the addition and development of learning media adapted to the curriculum. This research uses a development method by applying the ADDIE model and produces a product in the form of a math crossword exercise book for grade IV SD. The purpose of this study was to describe the development process and the feasibility of the developed media. Before the field trial, the product was validated by media experts, material experts, and mathematics practitioners with consecutive results of 90% with very valid criteria, 84% with very valid criteria, and 83.07% with very valid criteria indicating that the media was very valid and could be tested on students. The results of the trial to students were assessed using a questionnaire sheet which showed a percentage of 83.38% with very feasible criteria and did not need to be revised. Based on these results, it shows that the media products developed are feasible and can be applied as learning media.

Keywords: learning media, crosswords, mathematics.  

Published
2023-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 140