IMPLEMENTASI COLLABORATIVE LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

  • Robiatul Adewiyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Hasil belajar1IPA dil SD cenderung rendah, hal ini karena pada umumnya1pembelajaran1IPA1di1SD masih berpusatl pada gurul dan tentunya pembelajaran seperti ini cenderung kurangl menarik serta membosankan bagil peserta didik. Selainl itu, gurul juga jarang sekalil untuk1menggunakan1media pembelajaranl sehingga keaktifan dan hasill belajar pesertal didik dalam pembelajaran IPA menjadil menurun. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V dengan menggunakan Collaborative Learning dan media video YouTube pada mata pelajaran IPA dan menjelaskan aktivitas guru dan peserta didik kelas V dalam implementasi Collaborative Learning dengan media video YouTube pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar di SD. Jenis1penelitian ini merupakan1penelitian1tindakan kelas (PTK) kolaboratif dengan kolaborasi antara1guru dengan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan di MI Bahrul Ulum, kecamatan Sukodono, kabupaten Sidoarjo Hasil1penelitian ini menunjukkan bahwa1: 1) Terdapat1peningkatan1hasil hasil belajar1IPA kelas VB pada1siklus I dan II diketahui nilai persentase ketuntasan post test pada siklus I sebesar 62,96% sedangkan pada1siklus1II1sebesar 88,89% dengan demikian1hasil1belajar1peserta didik pada siklus II mengalami1peningkatan dan sudah mencapai1indikator keberhasilan mencapai 85% dengan KKM 80. 2) Implementasi Collaborative Learning dengan media video YouTube pada mata pelajaran IPA berdasarkan hasil lembar observasi guru dan peserta didik bahwa semua sintaks sudah dilakukan dan1menunjukkan1hasil yang sangat baik.

.Kata Kunci: Collaborative Learning, Media Video Youtube, Hasil Belajar.

Abstract

The background of this research is the low learning results of science in elementary schools because in general science learning in elementary schools is still teacher-centered and of course learning like this tends to be less interesting and boring for students. Teachers also rarely use instructional media so that the activity and learning outcomes of students in science learning decrease. This research was aimed to: (1) Knowing the improvement of learning outcomes of grade five students by using Collaborative Learning and YouTube videos in science subjects, (2) Explaining the activities of teachers and students of grade V in the implementation of Collaborative Learning with YouTube video media with science subjects to improve learning outcomes at MI Bahrul Ulum Sukodono Sidoarjo. The method of this research is collaborative classroom action research (PTK) with collaboration between teachers and researchers. The results showed that:  1) There was an increase in the results of science learning outcomes for class VB in cycles I and II. cycle II has increased and has achieved success indicators reaching 85% with KKM 80. 2) Implementation of Collaborative Learning with YouTube video medial in science subjects based on the results of teacher and student observation sheets that all syntax has been carried out and shows very good results.  

Keywords: Collaborative Learning, Youtube Videos, Learning Result

 

 

Published
2023-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 8