PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK TALK WRITE BERBANTUAN POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI TRANSFORMASI ENERGI KELAS IV UPT SD NEGERI 242 GRESIK

  • Silviani Delicia Juanda Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Farida Istianah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Talk Write berbantuan poster terhadap hasil belajar IPA materi transformasi energi di kelas IV UPT SD Negeri 242 Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental. Pengambilan data pada penelitian ini melalui tiga tahap, yaitu pengambilan uji pretest, perlakuan atau treatment, dan pengambilan uji posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write berbantuan poster, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional berupa ceramah. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV di UPT SD Negeri 242 Gresik yang berjumlah 52 peserta didik, dan terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen sejumlah 26 peserta didik dan IV-B sebagai kelas kontrol sejumlah 26 peserta didik. pemilihan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dibuktikan dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,475. Sedangkan rata-rata nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,423. Meskipun peningkatan hasil belajar IPA kelas eksperimen dan kelas kontrol berada pada kategori sedang (0 < g < 0,3), namun kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai N-Gain 0,052 lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Sehingga dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif Think Talk Write dengan bantuan poster mempengaruhi peningkatan hasil belajar. Dan hasil analisis selanjutnya membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Talk Write berbantuan poster terhadap hasil belajar IPA. Dibuktikan dengan hasil uji t-test yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,001 <  0,05, maka Ho ditolak dan H1. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Talk Write berbantuan poster terhadap hasil belajar IPA materi transformasi energi di kelas IV UPT SD Negeri 242 Gresik. Model pembelajaran kooperatif Think Talk Write berbantuan poster dapat diterapkan pada muatan IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) untuk melatih kemampuan peserta didik untuk terlibat secara aktif mengambil peran dalam penerimaan informasi atau materi. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write mampu mengkolaborasikan antara kemampuan berpikir, berbicara, dan menulis sehingga mampu memadukan kemampuan produktif dan reseptif peserta didik untuk memahami materi IPA.

Kata Kunci: Think Talk Write, Poster, IPA, Transformasi Energi

Published
2023-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 30