PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI INTERAKSI SOSIAL UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Wahyu Widiastuti PGSD UNESA

Abstract

Abstrak

Saat ini dunia pendidikan di Indonesia sedang dihadapkan dengan masalah serius yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengimplementasikan pendidikan karakter dalam media pembelajaran. Media pembelajaran yang menarik dan memotivasi peserta didik akan meningkatkan hasil belajar serta karakter peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Reseach and Development (R&D) dengan subjek peserta didik kelas 5 SDN Dapurkejambon 1 Jombang. Berdasarkan data hasil validasi media komik, didapatkan nilai dari ahli media yaitu 96% dan dari ahli materi yaitu 96% yang berarti media pembelajaran komik layak digunakan. Sedangkan hasil dari penilaian angket respon guru mendapatkan nilai 97% dan angket respon siswa 95,2%. Dari hasil respon guru dan peserta didik menandakan bahwa media komik Pendidikan karakter praktis dan layak digunakan. Berdasarkan Samples Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yakni terdapat perbedaan sebelum perlakuan dan sesudah. Nilai peserta didik mengalami peningkatan, dilihat dari hasil gain score yakni 0,7 artinya peningkatan kategori sedang. Dilihat dari aspek pendidikan karakter, ada perubahan pada peserta didik saat pembelajaran di kelas. Kesimpulannya adalah media pembelajaran komik Pendidikan karakter yang dikembangkan memenuhi kategori valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan.

Kata Kunci: komik, interaksi sosial, pendidikan karakter.

Abstract

Currently the world of education in Indonesia is being faced with serious problems related to character education. One way to overcome this is to implement character education in learning media. Interesting learning media and motivating students will improve learning outcomes and the character of students. The purpose of this research is to develop learning media that are valid, practical and effective. This study used the Research and Development (R&D) research method with the subject of 5th grade students at SDN Dapurkejambon 1 Jombang. Based on the data validation results of comic media, the value obtained from media experts is 96% and from material experts, it is 96%, which means that comic learning media is feasible to use. Meanwhile, the results of the teacher's response questionnaire scored 97% and the student's response questionnaire was 95.2%. From the results of the teacher's and students' responses, it indicates that comic media for character education is practical and appropriate to use. Based on the Samples Test, the value of Sig. (2-tailed) of 0.000 <0.05 ie there is a difference before and after treatment. The value of students has increased, seen from the results of the gain score, which is 0.7, which means an increase in the moderate category. Viewed from the aspect of character education, there are changes in students when learning in class. The conclusion is that the character education comic learning media developed fulfills the valid, practical and effective categories so that it is feasible to use

Keywords: Comics, Social Interaction, Character Building

Published
2023-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 22