Pengembangan E-Modul IPS berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Jombang bagi Siswa Kelas V SD

  • Arum Puspitaning Nur Illahi Universitas Negeri Surabaya
  • Putri Rachmadyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar berupa e-modul IPS berbasis kearifan lokal Kabupaten Jombang guna menghasilkan bahan ajar yang kontekstual, menarik dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar dengan perangkat memanfaatkan perangkat teknologi. E-modul IPS dibuat dengan aplikasi Clip Studio Paint (CSP) dan Canva yang dipublikasikan dalam bentuk flipbook melalui laman Publuu.com. E-modul ini juga dilengkapi dengan latihan soal pada platform Wizer.Me melalui QR Code dan Hyperlink Area. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahapan Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Talunkidul, Jombang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. E-modul melewati uji validasi materi dan media. Uji validasi materi memperoleh nilai 78% dengan kategori Valid, revisi ringan. Uji validasi media memperoleh nilai 98% dengan kategori sangat valid, tanpa revisi. Kemudian dilaksanakan uji coba pada siswa kelas V SDN Talunkidul Jombang sebanyak 35 siswa. Berdasarkan kuesioner angket respon siswa didapatkan nilai sebesar 89% dengan kategori sangat layak. Adapun kuesioner angket respon guru mendapat nilai sebesar 97% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian dapan disimpulkan bahwa e-modul IPS berbasis kearifan lokal Kabupaten Jombang telah layak dan menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Published
2023-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 135
PDF Downloads: 96