PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAME WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAME WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

  • widy nur oktavian universitas negeri surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media game wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan perhitungan SPSS. Peneliti akan menggunakan metode quasi experimen dengan menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, namun peneliti tidak memasukkan partisipan secara acak. Peneliti akan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design untuk penelitiannya, yang akan dilaksanakan dalam dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yang masing-masing akan mendapatkan perlakuan yang berbeda. Populasi penelitian ini adalah 34 orang siswa kelas IV SDN Medalem Sidoarjo pada tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Medalem Sidoarjo yang berjumlah 34 siswa. Siswa tersebut kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas IV A sebanyak 20 siswa dan kelas IV B sebanyak 14 siswa. Berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh hasil bahwa nilai sig. sebesar 0.0 < 0.05, maka H₀ ditolak dan Ha diterima. Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan media game wordwall pada hasil belajar IPA materi mengubah bentuk energi siswa kelas IV di Sekolah Dasar

 

Kata Kunci: hasil belajar, game wordwall

Published
2023-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 34