Pengembangan Aplikasi ASSAWA Berbasis Android dalam Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar

  • Clariza Dyah Rachmadina Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pesatnya kemajuan teknologi berbanding terbalik dengan motivasi dan minat belajar peserta didik. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan sebuah media pembelajaran yang beradaptasi dengan penggunaan teknologi berupa aplikasi bernama ASSAWA berbasis android yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Jawa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model ASSURE. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang dikembangkan dengan menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil dari penelitian ini didapati persentase kevalidan materi sebesar 92% dan media sebesar 88%. Hasil persentase kepraktisan oleh peseta didik sebesar 91,3% dan  pendidik sebesar 92%. Kemudian hasil keefektifan yang diukur dengan persentase rerata peningkatan nilai pretest dan posttest dengan perhitungan N-Gain sebesar 0,72 dengan kriteria peningkatan tinggi juga ketuntasan belajar peserta didik sebesar 83,34%, sehingga dapat dinyatakan bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Jawa di sekolah dasar.

Kata Kunci: media pembelajaran, aplikasi ASSAWA, bahasa Jawa sekolah dasar

Technological progress is inversely proportional to the motivation and interest in learning of students. Therefore, researchers developed a learning media that adapts to the use of technology in the form of an Android-based application called ASSAWA that can be used in learning Javanese in elementary schools. This study uses the ASSURE model. The purpose of this study is to determine the feasibility of learning media developed by testing validity, practicality, and effectiveness. The results of this study found that the percentage of material validity was 92% and the media was 88%. The practicality percentage results by students were 91.3% and educators were 92%. Then the results of effectiveness as measured by the average percentage of increase in pretest and posttest scores with a N-Gain calculation of 0.72 with the criteria for a high increase as well as students' learning completeness of 83.34%, so that it can be stated that the media developed is feasible  for use in learning Javanese in elementary schools.

Keywords: learning media, ASSAWA application, elementary school Javanese.

Published
2023-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 46