PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA KATA PESERTA DIDIK KELAS I SEKOLAH DASAR

  • Yesy Lisnawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media flashcard untuk keterampilan membaca kata peserta didik kelas I sekolah dasar yang valid, efektif, dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Reserch and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE, yang meliputi lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I sekolah dasar yang berjumlah 20. Proses pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar validasi, lembar efektivitas pembelajaran, lembar pretest dan posttest, dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Hasil yang diperoleh dari segi kevalidan berdasarkan validasi media menunjukkan persentase 82% dan validasi materi menunjukkan 87,5%. Hasil keefektifan berdasarkan efektivitas pembelajaran menunjukkan persentase 85%, sedangkan hasil tes peserta didik memeroleh thitung lebih besar dari ttabel (thitung 16,1 > ttabel 2,101). Perolehan hasil kepraktisan berdasarkan angket pendidik dan peserta didik, masing-masing menunjukkan persentase 100% dan 88%. Dari segi kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan dapat diketahui bahwa media flashcard untuk keterampilan membaca kata peserta didik kelas I sekolah dasar sangat valid, sangat efektif, dan sangat praktis.

Kata Kunci: pengembangan, media flashcard, keterampilan membaca kata.

Published
2023-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 189