PENGARUH METODE STRUKTURAL ANALISIS SINTESIS (SAS) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT PESERTA DIDIK KELAS I SEKOLAH DASAR

Authors

  • Mamluatun Nur Rahmaniyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Struktural Analisis Sintesis (SAS) terhadap keterampilan menulis kalimat peserta didik kelas I SDN Pradah Kalikendal I Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas I SDN Pradah Kalikendal I Surabaya. Adapun sampel penelitian yaitu peserta didik kelas I-A sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas I-B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument tes dan instrument observasi. Teknik pengumpulan data diambil dengan memberikan pre test dan post test  berupa tes tertulis dan teknik observasi digunakan untuk mengamati kegiatan pembelajaran menulis kalimat dengan menggunakan metode Struktural Analisis Sintesis (SAS). Hasil penelitian dapat dibuktikan dengan uji hipotesis pre test dan post test kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa thitung 1,831 lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 1,675 (thitung 1,831 > ttabel 1,675). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh metode Struktural Analisis Sintesis (SAS) terhadap keterampilan menulis kalimat peserta didik kelas I SDN Pradah Kalikendal I Surabaya. 

Kata Kunci: metode Struktural Analisis Sintesis (SAS), keterampilan menulis kalimat

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-04

Issue

Section

Articles
Abstract views: 48 , PDF Downloads: 50