Pengembangan Media Ceria Bersama (Cerita Gambar Bertemakan Peduli Sesama) untuk Penguatan Karakter Peduli Sesama Siswa di Sekolah Dasar

  • Naela Rosidah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Profil pelajar pancasila mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan terutama dalam pembentukan karakter peserta didik. Salah satu dari nilai karakter adalah karakter peduli sosial. Sebagai makhluk sosial, masing-masing individu seharusnya mempunyai karakter sosial. Namun, di era sekarang banyak orang yang mempunyai sifat egois dan individualis. Seperti halnya di sekolah terdapat beberapa siswa yang kurang memiliki sikap peduli sosial terhadap sesama. Oleh karena itu, membutuhkan suatu hal untuk penguatan karakter siswa. salah satu upayanya adalah diimplementasikan dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini mengembangkan media pembelajaran ceria bersama (cerita gambar bertemakan peduli sesama) untuk memberikan solusi yakni menguatkan karakter peduli sesama siswa di sekolah dasar.Penelitian dan pengembangan media Ceria Bersama bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan, melakukan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media Ceria Bersama untuk penguatan karakter peduli sesama siswa di sekolah dasar. Penelitian dan pengembangan ini melibatkan lima tahapan yang berbeda dalam prosesnya dari model ADDIE yakni analisis, perencanaan, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sekolah dasar yang berjumlah 22 siswa. Pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa instrumen angket dan instrumen validasi. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yakni uji validasi media memperoleh persentase sebesar 89,23% (sangat valid). Hasil uji validasi bahasa sebesar 93,3% (sangat valid). Hasil uji validasi materi sebesar 88,3% (sangat valid). Hasil angket peserta didik sebesar 83,35% (sangat praktis). Hasil angket pendidik sebesar 91,57% (sangat praktis).

Kata Kunci: pengembangan, media Ceria Bersama, karakter peduli sesama.

Published
2023-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 38