EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA SEKOLAH DASAR PADA PENANGGALAN JAWA DALAM BINGKAI ETNOMATEMATIKA

  • Rima Dwi Putri Amalia State University of Surabaya
  • Neni Mariana

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang bersifat abstrak. Sifat tersebut bertolak belakang dengan tahap berpikir peserta didik jenjang Sekolah Dasar yang dimana kemampuan berpikir anak berada pada tahap operasional konkret. Salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah dengan menghubungkan pembelajaran matematika dengan situasi nyata yang dekat dengan peserta didik, contohnya budaya penanggalan Jawa. Budaya penanggalan Jawa masih banyak digunakan masyarakat Jawa untuk melakukan perhitungan Jawa. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah menemukan konsep matematika sekolah dasar yang muncul dalam aktivitas masyarakat Jawa yang berhubungan dengan penanggalan Jawa. Penelitian ini berjenis kualitatif transformatif yang menggunakan metode wawancara semi terstruktur. Penelitian ini memperoleh hasil berupa konsep matematika sekolah dasar yang muncul dalam aktivitas masyarakat Jawa yang berhubungan dengan penanggalan Jawa, diantaranya konsep bilangan pada angka atau bilangan neptu hari mingguan dan hari pasaran, konsep operasi bilangan pada perhitungan weton, perhitungan neptu hari, dan perhitungan hari baik serta ditemukan konsep waktu pada hari, bulan dan tahun Jawa, perhitungan was weton dan perhitungan selamatan 40 dan 100 hari kematian.

Published
2023-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 45