Pemgembangan Buku Cerita Bergambar Digital Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa di Kelas II Sekolah Dasar

  • Fachrina Vebranti Millenia Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Buku Cerita Bergambar Digital untuk meningkatkan karakter disiplin siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan model ADDIE yang melalui lima tahapan yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pengmpulan data dilakukan dengan teknik validasi dan angket. Validitas media Buku rita Bergambar Digital diperoleh melalui hasil validasi ahli materi dan ahli media. Hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase sebesar 100% (sangat valid). Sedangkan hasil dari validasi ahli media mendapatkan persentase sebesar 96% (sangat valid). Kepraktisan media diperoleh dari angket respon guru dan siswa. Pada hasil angket respon guru menunjukkan persentase sebesar 90% (sangat praktis), sedangkan hasil angket respon siswa menunjukkan persentase sebesesar 96% (sangat praktis). Hasil efektivitas media diperoleh dari respon siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan yang memperoleh persentase sebesar 96,4% sehingga media Buku Cerita Bergambar Digital dinyatakan efektif. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa media Buku Cerita Bergambar Digital untuk keterampilan membaca di kelas II sekolah dasar valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas.

Published
2023-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 24