PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Aminatus Sholikha Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen tipe quasi eksperimental. Rancangan penelitiannya menggunakan nonequivalent control group design.  Sampel yang digunakan ialah siswa kelas V UPT SD Negeri 218 Gresik yang berjumlah 50 siswa dan dibagi dalam dua kelas, yakni kelas kontrol dan eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan jenis independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa rata-rata nilai post-test pada kelas eksperimen sebesar 75,2 yang mana nilai tersebut lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol sebesar 61,2. Dari hasil uji t diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel, yaitu thitung = 3,414 > ttabel = 1,677) sehingga Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) memberikan pengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V sekolah dasar.

Kata Kunci: model pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC, kemampuan membaca pemahaman, sekolah dasar.

  

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of the CIRC type cooperative learning model on reading comprehension skills in grade V elementary school students. This research used a quantitative approach with a quasi-experimental type of experiment. The research design used nonequivalent control group design.  The samples used were fifth grade students of UPT SD Negeri 218 Gresik, totaling 50 students and divided into two classes, namely control and experimental classes. Data collection techniques using test and observation techniques. The data analysis technique used the t-test with the type of independent sample t-test. Based on the results of data analysis, it is known that the average post-test score in the experimental class is 75.2 which is higher than the control class of 61.2. From the results of the t test, the tcount value is greater than the ttable, namely tcount = 3.414> ttable = 1.677) so that Ha is accepted. Thus, it can be concluded that the Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) learning model has an influence on reading comprehension skills in grade V elementary school students.

Keywords: CIRC type cooperative learning model, reading comprehension skills, elementary school.  

 

Published
2023-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 27