EFEKTIVITAS MEDIA GAME TBD (TEBAK BANGUN DATAR) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS 2 SD MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2

  • Rocky Marion Fiah Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh adanya kesulitan yang dialami peserta didik dalam pembelajaran materi Pengenalan Bangun Datar. Penyebabnya adalah guru dalam pembelajaran sering menggunakan metode ceramah dan terbatasnya media pembelajaran. Oleh sebab itu, dilaksanakan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan media game TBD (Tebak Bangun Datar) sebagai salah satu pilihan mediap embelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran materi pengenalan bangun datar untuk peserta didik kelas 2 SD. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdapat lima tahapan pengembangan, mulai dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, hingga evaluasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 2 SDN Dr Sutomo V/327 yang berjumlah 15 siswa. Hasil validasi materi yang diperoleh sebesar 75% dan hasil validasi media sebesar 90% dinyatakan valid. Berdasarkanqhasil dari uji coba pada siswa kelas 2 SDN DR SUTOMO V/327 mendapatkan persentase hasil kuisoner sebesar 100% dinyatakan layak, serta nilai N-gain yang diperoleh siswa sebesar 0,67 menunjukan bahwa predikat peningkatan hasil belajar siswa berada pada tingkat sedang. Berdasarkan hasil tersebut, maka game TBD efektif dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pengenalan bangun datar kelas 2 SD.

Kata kunci: pengembangan, android, TBD, bangun datar. 

 

Abstract

Thisaresearch is basedeon the difficulties experienced by studentsxin learning Flat Shape Introductionm aterial. The reasondis that teachersqin learning often use theblecture method and the limited learning media. Therefore, this research was carried out with the aim of knowing the effectiveness of the TBD (Tebak Bangun Datar) game media as a choice of learning media that can be used in learning flat shape introduction material for 2nd grade elementary school students. This research uses the ADDIE model which has five stages of development, starting from analysis, design, development, implementation, to evaluation. The subjects in this study were 15 students in grade 2 at SDN Dr. Sutomo V/327. The material validation results obtained were 75% and the media validation results were 90% declared valid. Based on the results of the trial in grade 2 students at SDN DR SUTOMO V/327, a percentage of 100% of the questionnaire results was declared feasible, and the N-gain value obtainedgby students was 0.67 indicating that the predicate of increasing student learning outcomes was at a moderate level. Based on these results, the TBD game is effective and feasible to be used as a learning media for class 2 elementary school flat shapes.

Keywords: development, android, TBD, plane figure. 

Published
2023-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 65