PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PANCASILA PADA MATERI MENGENAL LAMBANG NEGARA GARUDA PANCASILA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

  • Gading Inge Paninggil Arif Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan. Dengan tujuan untuk menghasilkan media Pop Up Book Pancasila, serta mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan dari respon peserta didik pada materi mengenal lambang negara garuda Pancasila. Menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan dalam prosedurnya yaitu : analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Dengan latar belakang pada pra-penelitian selama masa PLP menjumpai masalah tidak adanya media pembelajaran pada materi mengenal lambang negara garuda Pancasila.  Hal tersebut memengaruhi rendahnya hasil belajar dan semangat belajar siswa. Siswa cenderung mudah bosan, mengantuk, ramai, dan beberapa kali izin untuk meninggalkan kelas. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian yang terdiri dari lembar tes, lembar kuisioner, dan lembar angket. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif, kualitatif didapat melalui studi awal dan uji coba lapangan, sedangkan kuantitatif didapat melalui mengkonversikan data menjadi skor (lembar evaluasi). Media Pop Up Book Pancasila layak dan dapat digunakan guru dalam menyampaikan materi tentang Lambang Negara Garuda Pancasila. Dengan nilai kelayakan 90% untuk materi, 92,5% untuk media, dan 100% untuk hasil tes uji coba produk, dari kegiatan yang telah dilaksanakan maka dapat diketahui bahwa media pop up book memperoleh kategori sangat layak.

Kata Kunci: pop up book, media pembelajaran, lambang negara

  

Abstract

This type of research uses development research. With the aim of producing Pop Up Book Pancasila media, as well as knowing the validity, effectiveness, and practicality of students' responses to the material of recognizing the state symbol of the Pancasila garuda. Using the ADDIE model which consists of 5 stages in its procedure, namely: analysis, design, development, implementation and evaluation. With a background in pre-research during the PLP period encountered the problem of the absence of learning media on the material of recognizing the state symbol of the Pancasila garuda.  This affects the low learning outcomes and enthusiasm of students. Students tend to get bored easily, sleepy, crowded, and several times permission to leave the class. Data collection uses research instruments consisting of test sheets, questionnaire sheets, and questionnaire sheets. Data analysis techniques are carried out qualitatively and quantitatively, qualitative obtained through initial studies and field trials, while quantitative obtained through converting data into scores (evaluation sheets). Pop Up Book Pancasila media is feasible and can be used by teachers in delivering material about the State Emblem Garuda Pancasila. With a feasibility value of 90% for material, 92.5% for media, and 100% for product trial test results, from the activities that have been carried out it can be seen that the pop up book media is very feasible.

Keywords: pop up book, learning media, national symbol

 

Published
2023-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 138
PDF Downloads: 150