PENGARUH GAME WHACK A MOLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI ADAPTASI TUMBUHAN DAN HEWAN

  • Ulfatun Nailiyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Latar belakang penelitian ini yaitu kurangnya inovasi keterbaharuan dalam proses pembelajaran. Keterbaharuan inovasi pembelajaran sangatlah dibutuhkan pada era saat ini. Dapat dilihat dari banyaknya guru yang belum menggunakan keterbaharuan sehingga siswa merasa bosan akan pembelajaran yang diberikan. Sehingga penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keterpengaruhan game terhadap pembelajaran yang dilakukan serta pengukuran ketercapaian hasil belajar pada siswa dengan melalui pembelajaran berbasis game ini. Dengan adanya tujuan penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang berpusat pada pengolahan data. Desain yang dibuat pada penelitian ini adalah True Experimental Research Design. penelitian ini dilakukan di SDN Kalirungkut I/264 dengan populasi sebanyak 136 siswa dan pengambilan sampel yang digunakan beracuan pada Purposive Sampling yakni pengambilan sampel sesuai dengan kehendak peneliti. Sampel  yang digunakan sebanyak 120 siswa.Penelitian ini dilakukan secara eksperimen dengan memberikan treatment yang berbeda pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian tersebut akan dihitung dengan perhitungan data kuantitatif sehingga dapat diketahui hasil signifikan dari data yang telah diperoleh dan diolah.  Dalam penelitian ini didapatkan sebuah hasil yang baik yakni dimana perhitungan NGain pada kelas eksperimen mendapatkan hasil 73,5 sementara pada kelas kontrol mendapatkan hasil 64,2. Lain dari hal tersebut perolehan dari uji T yang dilihat dari sig 2 Tailed menunjukkan angka 0,000 pada kelas kontrol maupun kelas kontrol. Dengan begitu, terdapat perbedaan pemahaman antara kelas kontrol dan eksperimen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa game whack a mole berpengaruh dalam hasil belajar siswa sekolah dasar. 

 

Kata Kunci: IPA, pengaruh penggunaan media, media game whack a mole, hasil belajar

  

Abstract

The background of this research is the lack of renewal innovation in the learning process. The renewal of learning innovation is needed in the current era. It can be seen from the number of teachers who have not used the latest so that students feel bored with the learning provided. So this research was made with the aim of knowing the level of game influence on the learning carried out and measuring the achievement of learning outcomes in students through this game-based learning. With the existence of these research objectives, researchers conducted research using a type of quantitative research centered on data processing. The design made in this study is the True Experimental Research Design. This research was conducted at SDN Kalirungkut I/264 with a population of 136 students and the sampling used was purposive sampling, namely sampling according to the wishes of the researcher. The sample used was 120 students. This research was carried out experimentally by giving different treatments to the experimental class and the control class. The results of this research will be calculated by calculating quantitative data so that significant results can be seen from the data that has been obtained and processed. In this study a good result was obtained, namely where the calculation of NGain in the experimental class obtained a result of 73.5 while the control class obtained a result of 64.2. On the other hand, the results from the T test as seen from sig 2 Tailed show a score of 0.000 in both the control and control classes. That way, there are differences in understanding between the control and experimental classes. So it can be concluded that the whack a mole game has an effect on the learning outcomes of elementary school students.

 

Keywords: science, Effect of use learning tools, whack a mole game,learning outcames

Published
2023-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 32