Pengembangan Media Interaktif "Rubi Brain" Berbasis Aplikasi Digital dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Materi Keutuhan NKRI Kelas IV SD

  • ELSA AMALIA NUR SAFITRI Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian yaitu mengembangkan, mengukur validasi, mengukur keefektifan serta menguji kepraktisan media interaktif “Rubi Brain” berbasis aplikasi digital dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila materi keutuhan NKRI kelas IV Sekolah Dasar. Metode Research and Development (R&D) digunakan penelitian ini. Model ASSURE digunakan dalam penelitian ini. Subyek uji coba penelitian ini adalah pendidik maupun siswa kelas IV A SDN Karah I/411 Surabaya dengan banyak 25 responden. Hasil dari penelitian adalah: (1) proses pengembangan media interaktif “Rubi Brain” berbasis aplikasi digital dalam pembelajaran pendidikan pancasila materi keutuhan NKRI; (2) media interaktif dinyatakan (sangat valid) dengan tingkat persentase validasi materi sebesar 91,2% dan tingkat persentase validasi media sebesar 90,4%; (3) media interaktif dinyatakan (sangat efektif) dengan nilai persentase ketuntasan belajar peserta didik pada uji coba skala besar sebesar 92% dan hasil kuisioner efektivitas media memperoleh hasil persentase sebesar 90,5%; (4) uji coba dilakukan pada kelas IV A dengan respon peserta didik sebesar 96% dan respon pendidik sebesar 100%. Hal ini menunjukkan bahwa media interaktif (sangat praktis). Dengan demikian, penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi para guru sekolah dasar untuk memberikan media interaktif “Rubi Brain” berbasis aplikasi digital pada materi keutuhan NKRI khususnya pada kelas IV di Sekolah Dasar.

Published
2023-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 31