Pengembangan Media Kantong Kanguru Materi Nilai-Nilai Pancasila untuk Siswa Sekolah Dasar

  • Alifia Yonika Putri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di SDN Murukan. Kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan kurangnya respon siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga kegiatan belajar mengajar dinilai kurang efektif. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran Kantong Kanguru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media kantong kanguru yang efektif dalam pembelajaran Pancasila di sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Murukan yang berjumlah 28 siswa. Hasil uji validasi materi memperoleh hasil 90% dan uji validasi media memperoleh hasil 90%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kantong kanguru efektif dipakai sebagai alternatif media pembelajaran siswa berdasarkan hasil analisis N-Gain yang menunjukkan perolehan nilai 0,61 dengan kategori sedang dalam pencapaian hasil belajar siswa. Media kantong kanguru sangat praktis dipakai untuk media pembelajaran materi nilai-nilai Pancasila dari hasil angket berupa respon guru yang memperoleh hasil 92,5% serta respon siswa yang memperoleh hasil 88,7%.

 

Published
2023-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 94