PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PHOTOVOICE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PHOTOVOICE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA

  • Rafli Akbar Putra Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media photovoice sebagai media pembelajaran yang diintegrasikan dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini juga menyelidiki keefektivan photovoice sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dalam melakukan penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan quasi experiment design. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SDN Kebraon II, dalam hal ini peneliti mengambil 2 kelas yakni kelas IV A sebagai kelas ekperimen dan kelas IV C sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dari observasi dan analisis data. Temuan menunjukkan bahwa photovoice diimplementasikan sebagai media pembelajaran melalui beberapa tahap dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group investigation. Awalnya, peserta didik dirangsang dengan foto untuk menunjukkan kepada mereka bahwa foto dapat menyuarakan suatu isu. Dalam hal ini peserta didik menunjukkan antusiasme dan aktif di kelas. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t dan uji n-gain menunjukkan bahwa media photovoice dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan tingkat keefektivan kategori sedang.

Published
2023-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 67