PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI SEGI EMPAT KELAS IV SDN SAMBIDOPLANG

  • Nur Aditya Rahman UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangakan modul pembelajaran matematika berbasis Google Sites pada materi segi empat kelas IV SDN Sambidoplang. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, proses pengembangan melibatkan enam tahap, yaitu analisa masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain dan uji coba produk. Kedua, kelayakan pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Google Sites pada materi segi empat kelas IV SDN Sambidoplang dinilai valid berdasarkan tinjauan dari ahli materi dan ahli media sebesar 86,28% dengan rat arat ahli materi 4,385 dan ahli media 4,264. Uji coba dilakukan pada kelas IV dengan respon siswa  sebesar 80 85% dan respon guru 81,11%. Hal ini menunjukan bahwa pengembangan modul pembelajaran matematika materi segi empat berbasis Google Sites sangat praktis. Hasil uji N-Gain sebesar 0,518, yang menunjukan bahwa modul pembelajaran berbasis Google Sites dinilai efektif. Dengan demikian, penelitian ini dapat menjadi rujuakan bagi para pendidik sekolah dasar untuk memeberikan modul pembelajaran matematika materi segi empat kelas IV di SDN Sambidoplang.

Kata Kunci: pengembangan media Google Sites , matematika materi segi empat, sekolah dasar

 

 

Abstract

The purpose of this research is to develop a Google Sites-based mathematics learning module on quadrilateral material for class IV SDN Sambidoplang. The results of this study are as follows. First, the development process involves six stages, namely problem analysis, data collection, product design, product validation, design revision and product testing. Second, the feasibility of developing Google Sites-based mathematics learning media on quadrilateral material for grade IV SDN Sambidoplang was considered valid based on reviews from material experts and media experts of 86.28% with a mean of 4.385 material experts and 4.264 media experts. The trial was conducted in class IV with a student response of 80.85% and a teacher response of 81.11%. This shows that the development of Google Sites-based math learning modules is very practical. The N-Gain test result is 0.518, which shows that the Google Sites-based learning module is considered effective. Thus, this research can be a reference for elementary school educators to provide math learning modules for fourth grade quadrilaterals at SDN Sambidoplang.

Keywords: Google Sites media development, math quadrangle material, elementary

 

 

Published
2023-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 201